10 Ribu Benih Ikan Nila Ditebar di Kali Baru Jakarta Selatan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan melakukan restocking atau penebaran benih ikan Nila di Kali Baru, Kebagusan, Pasar Minggu.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Wachyuni mengatakan, dalam restocking kali ini, pihaknya menebar 10 ribu benih Ikan Nila. Sebelumnya telah dilakukan uji kualitas air di lokasi dan hasilnya memungkinkan untuk dilakukan restocking.

"Kali Baru merupakan salah satu kali di Jakarta Selatan yang memiliki kualitas air baik setelah dilakukan pengujian," ujarnya

Wachyuni menjelaskan, kegiatan restocking ini bertujuan untuk membantu memperbaiki perairan yang telah mengalami penurunan jumlah ikan akibat pemanfaatan berlebihan. Kemudian untuk mengurangi sekaligus mencegah pencemaran.

"Ini juga mencegah kerusakan sumber daya perairan serta lingkungan," ucapnya.

Menurut Wahyuni, restocking juga dilakukan untuk meningkatkan aneka ragam biota air, khususnya di Kali Baru. Pihaknya sengaja memilih Ikan Nila karena mudah berkembang biak.

"Kami perkirakan empat sampai enam bulan, ikan tersebut bisa dipanen dan dikonsumsi masyarakat sekitar," tandasnya.(pr/kj/al)